Cari Blog Ini

Memuat...

Share it

Kamis, 27 Januari 2011

Cara Pembuatan Karya Tulis Study Tour


CARA PEMBUATAN KARYA TULIS STUDY TOUR BANDUNG - JAKARTA
SISWA KELAS XI IA DAN IS SMA MUHAMMADIYAH 1 SRAGEN
TAHUN PELAJARAN 2009/2010

                                                                                               





Tugas Ini Wajib Disusun Siswa untuk Melengkapi Tugas Bahasa dan Sastra Indonesia sebagai syarat Kenaikan Kelas XII








OLEH :


Evriana Lestyarini, S.Pd














SMA MUHAMMADIYAH 1 SRAGEN
2010



CARA PEMBUATAN KARYA TULIS STUDY TOUR BANDUNG - JAKARTA
SISWA KELAS XI IA DAN IS SMA MUHAMMADIYAH 1 SRAGEN
TAHUN PELAJARAN 2009/2010


STANDAR KOMPETENSI
Mengungkapkan informasi dalam bentuk rangkuman atau ringkasan, notulen rapat, dan karya ilmiah.
INDIKATOR
1.     Mendaftar hal-hal yang perlu ditulis, berdasarkan topik yang dipilih.
2.     Menentukan gagasan yang perlu dikembangkan dalam karya tulis (berdasarkan pengamatan dan penelitian).
3.     Menyusun kerangka karya tulis.
4.     Mengembangkan kerangka menjadi karya tulis dengan dilengkapi daftar pustaka.
5.     Menyunting karya tulis sendiri atau karya teman.
KOMPETENSI DASAR
Menulis karya ilmiah seperti hasil pengamatan, dan penelitian.

TUJUAN PEMBELAJARAN
1.     Siswa dapat mendaftar hal-hal yang perlu ditulis, berdasarkan topik yang dipilih.
2.     Siswa dapat menentukan gagasan yang perlu dikembangkan dalam karya tulis (berdasarkan pengamatan dan penelitian).
3.     Siswa dapat menyusun kerangka karya tulis.
4.     Siswa dapat mengembangkan kerangka menjadi karya tulis dengan dilengkapi daftar pustaka.
5.     Siswa dapat menyunting karya tulis sendiri atau karya teman.

A.    PENGERTIAN

Karya tulis adalah karya yang mengungkapkan hasil pengamatan, penelitian, atau peninjauan terhadap sesuatu. Berdasarkan pengertian tersebut, karya tulis yang akan dibuat siswa kelas XI program IA dan IS pada tahun ajaran 2009 / 2010 SMA Muhammadiyah 1 Sragen adalah karya tulis yang dibuat berdasarkan tinjauan terhadap tempat-tempat yang menjadi tujuan dari study tour yang dilakukan pada tanggal 12 Maret 2010 dengan tujuan Bandung – Jakarta dengan beberapa alternatif tempat tujuan pariwisata.

B.     TAHAP-TAHAP MENULIS KARYA TULIS

Ada beberaap jenis karya tulis, salah satunya adalah makalah. Penulisannya tidak dilakukan begitu saja, tetapi melalui tahap-tahap tertentu yang harus ditempuh agar penyusunan karya tulis dapat dilakukan secara sistematis. Dibawah ini ada beberapa langkah yang harus dilakukan antara lain :
1.      Tahap Persiapan.
Hal-hal yang dilakukan dalam tahap ini adalah memilih topik, menentukan masalah atau permasalahan yang akan diteliti, dan membuat kerangka tulisan karya tulis yang akan dibuat.
Jadi, siswa harus memilih topik yang tepat berdasarkan dari tujuan dari study tour yang dilakukan dan tentu saja harus menarik dan paling tepat menjadi kesepakatan siswa dalam tiap kelompok. Pertimbangan utama yang harus diperhatikan dalam memilih topik adalah harus mudah dipahami, mudah dipecahkan masalahnya, dan apabila sudah menjadi sebuah karya tulis menarik untuk dibaca oleh masyarakat atau pembaca pada umumnya.
Contohnya adalah topik tentang pendidikan, pariwisata, lingkungan, teknologi sederhana, sosial kemasyarakatan, dan ekonomi. Pada saat ini tentu saja yang menjadi kesepakatan adalah topik tentang pariwisata sesuai dengan kegiatan study tour yang dilakukan siswa.
Setelah mengetahui topiknya, yaitu tentang pariwisata dengan tujuan tempat pariwisata yang telah ditentukan. Maka dari itu, siswa dapat menentukan pilihan pada salah satu tempat dari tujuan pariwisata tersebut untuk dapat dilakukan penelitian. Selanjutnya, siswa dapat membuat permasalahan yang akan diteliti oleh siswa.

2.      Tahap Pengumpulan Data.
Dalam tahap ini, siswa harus mencari data atau keterangan mengenai hal-hal yang hubungannya dengan tema atau topik yang akan diteliti dari buku, surat kabar, majalah, atau brosur. Selain itu, siswa juga dapat mencari informasi di lapangan (di tempat-tempat yang menjadi tujuan study tour) dengan cara pengamatan atau wawancara dengan narasumber di tempat-tempat tersebut yang menjadi tujuan study tour.
Jadi, pada saat melakukan study tour siswa diwajibkan dan harus melakukan penelitian ditempat yang sudah menjadi tujuan (pilihan siswa tiap kelompok) dengan cara melakukan tanya jawab dengan narasumber di tempat tersebut sesuai dengan permasalahan yang sudah dirumuskan sebelumnya. Perlu diingat bahwa pada saat melakukan penelitian terbentur masalah waktu (dibatasi oleh panitia study tour) dan kondisi tempat penelitian pilihan siswa yang sebelumnya belum diketahui oleh siswa. Hal ini harus dapat diantisipasi sendiri oleh siswa bahwa bagaimana cara agar penelitian dapat terselesaikan dengan kondisi di atas.
Selain itu, siswa harus atau menambahkan data-data yang diperoleh dari tempat tujuan study tour dengan data-data yang diperoleh dari buku, majalah, artikel, dan bahkan dari internet. Data-data tersebut dapat digabungkan atau disusun bersamaan dengan data-data yang diperoleh dari tempet penelitian (tempat tujuan pilihan study tour siswa).

3.      Tahap penulisan.
Data yang diperoleh siswa disusun menjadi sebuah karya tulis. Tentu saja tulisan yang dibuatnya berpedoman pada kerangka yang telah dibuat pada tahap penulisan yang pertama (tahap persiapan).

4.      Tahap Penyuntingan.
Setelah karya tulis selesai, siswa tidak begitu saja mengakhirinya, tetapi siswa harus menyunting atau memperbaikinya terlebih dahulu. Siswa harus membacanya dari awal sampai akhir dengan teliti. Hal- hal yang diperbaiki meliputi :
a.       Isi karya tulis.
b.      Sistematika penyajian.
c.       Bahasa yang digunakan dalam penulisan karya tulis.

C.    MENENTUKAN DAN MEMBATASI TOPIK YANG DIPILIH

Topik adalah pokok pembicaraan. Contohnya banyak terjadi di sekitar kita. Antara lain : sosial, pertanian, lingkungan, pendidikan, pariwisata, dan sebagainya. Karya tulis yang akan dibuat oleh siswa kelas XI IA dan IS adalah memiliki topik tentang pariwisata yaitu topik yang akan diperoleh dari tempat-tempat tujuan study tour SMA Muhammadiyah 1 Sragen.
Topik yang dipilih dalam pembuatan karya tulis haruslah tidak terlalu luas. Hal ini dengan tujuan agar penelitian dalam membuat karya tulis tidak meluas tujuannya. Apabila masih luas, maka penulis harus membuat pembatasan masalah. Kemudian, hal yang paling penting adalah topik haruslah menarik dan mudah dipahami.

D.    MENENTUKAN GAGASAN YANG AKAN DIKEMBANGKAN DALAM KARYA TULIS

Gagasan yang akan disampaikan tentu didasarkan atas pengamatan atau penelitian di lapangan. Gagasan haruslah sudah tampak pada tema dan judul yang akan dipilih. Perlu diperhatikan bahwa masalah yang dirumuskan harus berhubungan dengan topik yang dipilih. Oleh karena itu, setelah masalah dirumuskan, perhatikan sekali lagi, apakah rumusan itu sudah sesuai dengan topik atau belum?
Dibawah ini adalah contoh merumuskan masalah :

Topik : Menyikapi secara Bijak Pro dan Kontra di Masyarakat terhadap Pemanfaatan Buah Merah bagi Kesehatan.
Rumusan Masalah :
1.      Mengapa pemanfaatan buah merah untuk mengatasi penyakit mematikan oleh banyak pakar kesehatan ?
2.      Apa saja yang dipertentangkan oleh pakar kesehatan tentang buah merah ?
3.      Baagimana cara yang paling bijak untuk menyikapi pro dan kontra tentang pemanfaatan buah merah bagi kesehatan ?


E.     MENYUSUN KERANGKA KARANGAN BERDASARKAN TOPIK

Kerangka karangan disebut juga sebagai ragangan (outline). Kerangka karangan berfungsi untuk memudahkan penulis dalam menyusun karangannya (karya ilmiah) secara sistematis. Tanpa kerangka karangan gagasan yang dituangkan dalam tulisan akan melompat-lompat tidak beraturan.
Langkah-langkah untuk membuat kerangka karangan adalah :
1.      Menulis semua ide yang berhubungan dengan topik karangan.
2.      Menyeleksi gagasan-gagasan yang akan dituangkan.
3.      Membuang idea tau gagasan yang tidak penting.
4.      Mengurutkan gagasan-gagasan yang sudah terkumpul.

F.     MENGEMBANGKAN KERANGKA KARANGAN MENJADI KARYA TULIS

Setelah ragangan (kerangka) karangan selesai dibuat, langkah selanjutnya adalah mengembangkan karangan tersebut menjadi karangan ilmiah yang utuh. Kerangka karangan yang sudah dikembangkan lalu dimasukkan dalam susunan unsur pembentuk karangan yang disebut sistematika penulisan.

G.    CARA PEMBUATAN KARYA TULIS

1.      Buatlah halaman cover sampai dengan halaman kata pengantar dengan urutan dibawah ini :
a.       Halaman cover.
b.      Halaman pengesahan.
c.       Halaman motto.
d.      Halaman persembahan.
e.       Halaman kata pengantar.
f.       Halaman daftar isi (dibuat kalau karya tulis sudah jadi).

Pembuatan halaman cover sampai dengan halaman kata pengantar haruslah sesuai dengan tata cara yang pernah diajarkan oleh guru mata pelajaran Bahasa Indonesia atau dapat melihat, atau bahkan meminjam contoh karya tulis yang pernah dibuat oleh siswa terdahulu.

2.      Buatlah BAB I sampai dengan BAB V dengan sistematika penulisan sebagai berikut :

BAB I PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
B.     Rumusan Masalah
C.    Pembatasan Masalah
D.    Tujuan Penelitian
E.     Manfaat Penelitian
1.      Manfaat Teoritis
2.      Manfaat Praktis
F.     Sistematika Penulisan

BAB II LANDASAN TEORI


BAB III METODE PENELITIAN

A.    Tempat dan Waktu Penelitian
B.     Subyek Penelitian
C.    Instrumen Penelitian
D.    Prosedur Penelitian

BAB IV HASIL PENELITIAN

BAB V PENUTUP

A.    Kesimpulan
B.     Saran

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN

3.      Buatlah halaman daftar pustaka dengan penulisan yang tepat yaitu sesuai dengan kaidah  penulisan daftar pustaka dan catatan kaki. Apabila masih ada kesulitan membuat halaman daftar pustaka dapat dilihat pada buku Erlangga kelas 2 dengan judul Kompeten Berbahasa Indonesia untuk Kelas XI halaman 79 sampai dengan 85 ( dapat difoto kopi dari guru mata pelajaran ).
4.      Sertakan lampiran-lampiran yang kamu peroleh dari tempat penelitian antara lain :
a.       Foto-foto.
b.      Surat-surat resmi.
c.       Dokumen penting.
d.      Surat ijin untuk melakukan penelitian (kalau ada).
e.       Dan lain-lain.

5.      Contoh-contoh pembuatan tiap bab dalam karya tulis antara lain :

BAB I PENDAHULUAN
A.       Latar Belakang Masalah

Dalam latar belakang masalah memaparkan tentang :
1.                   Pentingnya masalah yang akan diteliti.
2.                   Alasan yang tepat untuk pemilihan masalah tersebut.
3.                   Tujuan umum dilakukan study tour SMA Muhammadiyah 1 Sragen.
4.                  Tujuan umum penulisan karya tulis dari mata pelajaran Bahasa Indonesia.
5.                   Hal-hal yang menarik dari tempat yang akan diteliti.
6.                   Alasan pemilihan judul karya tulis.
7.                   Dan lain-lain.
Hal-hal diatas disusun menjadi paragraf-paragraf yang padu dan sistematis yang mendukung peneltian.

B.   Rumusan Masalah

Dalam rumusan masalah berisi sejumlah kalimat pertanyaan yang akan dicari jawabannya pada saat melakukan penelitian ditempat study tour, yang tentu saja pertanyaan-pertanyaan itu tidak melenceng dari topik dan tujuan study tour yang dilakukan, sebagaimana contoh dibawah ini :

Topik : Pariwisata Taman Impian Jaya Ancol
Rumusan Masalah :
1.      Bagaimana Pariwisata Taman Impian jaya Ancol dapat menjadi alternatif  utama oleh masyarakat untuk melakukan rekreasi ?
2.      Jenis hiburan apa saja yang dapat ditemui di tempat Pariwisata Taman Impian Jaya Ancol ?
3.      Bagaimana tingkat pelayanan di tempat Pariwisata Taman Impian Jaya Ancol bagi masyarakat ?
4.      Dan lain-lain ( jumlah pertanyaan tidak dibatasi, dengan catatan siswa dapat memecahkan masalah tersebut dengan bukti-bukti yang konkrit).
                                   
C.  Pembatasan Masalah

Berisi tentang batas-batas penelitian yang dilakukan siswa dengan tujuan penelitian tidak meluas atau melenceng dari tujuan penelitian berdasarkan topik penelitian.

Pembatasan penelitian dapat dilakukan dengan melihat sejauh mana rumusan masalah yang dibuat oleh siswa. Jadi, pembatasan masalah haruslah melihat rumusan masalah, topik, dan tujuan penelitian.
Contohnya adalah :

Dalam penelitian yang dilakukan dengan judul “……………………………………………” hanya dibatasi pada tingkat kenaikan dan penurunan wisatawan pada hari libur serta daya tampung pariwisata Taman Impian Jaya ancol periode tahun 2010 bulan Januari sampai dengan Maret.

D.  Tujuan Penelitian

Berisi paparan tujuan yang akan dicapai berdasarkan masalah yang dirumuskan.

Contohnya adalah :

Rumusan masalah yang sudah ditentukan (pada rumusan masalah ) adalah :
1.      Bagaimana Pariwisata Taman Impian jaya Ancol dapat menjadi alternative utama oleh masyarakat untuk melakukan rekreasi ?
2.      Jenis hiburan apa saja yang dapat ditemui di tempat Pariwisata Taman Impian Jaya Ancol ?
3.      Bagaimana tingkat pelayanan di tempat Pariwisata Taman Impian Jaya Ancol bagi masyarakat ?
4.      Dan lain-lain ( jumlah pertanyaan tidak dibatasi, dengan catatan siswa dapat memecahkan masalah tersebut dengan bukti-bukti yang konkrit).

Jadi tujuan penelitian yang dibuat adalah :

Tujuan dalam penelitian ini adalah :
1.      Mendeskripsikan bagaimana Pariwisata Taman Impian jaya Ancol dapat menjadi alternative utama oleh masyarakat untuk melakukan rekreasi.
2.      Mendeskripsikan jenis hiburan apa saja yang dapat ditemui di tempat Pariwisata Taman Impian Jaya Ancol.
3.      Mendeskripsikan tingkat pelayanan di tempat Pariwisata Taman Impian Jaya Ancol bagi masyarakat.
4.      Dan seterusnya (kalimat tanya pada rumusan masalah BAB I dibuat kalimat berita dengan menambahkan : mendeskripsikan, menjelaskan, menguraikan dan lain-lain).

E.   Manfaat Penelitian

Berisi manfaat yang dapat diambil baik bagi peneliti maupun pihak lain disesuaikan dengan topik penelitian.
Contohnya adalah :

Manfaat dalam penelitian ini adalah :
1.      Manfaat Teoritis.
a.       Siswa dapat mendaftar hal-hal yang perlu ditulis, berdasarkan topik yang dipilih.
b.      Siswa dapat menentukan gagasan yang perlu dikembangkan dalam karya tulis (berdasarkan pengamatan dan penelitian).
c.       Siswa dapat menyusun kerangka karya tulis.
d.      Siswa dapat mengembangkan kerangka menjadi karya tulis dengan dilengkapi daftar pustaka.
e.       Siswa dapat menyunting karya tulis sendiri atau karya teman.

2.      Manfaat Praktis.
a.       Memberi gambaran yang lengkap kepada pembaca mengenai salah satu tempat pariwisata yang menjadi tujuan study tour SMA Muhammadiyah 1 Sragen.
b.      Menjelaskan ………………………………………………………………..……………………………………………………………......
c.       Menguraikan tentang……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………....
Catatan :
Manfaat penelitian dapat dibuat kalimat sendiri tetapi harus disesuikan dengan penelitian yang dilakukan.

F.   Sistematika Penulisan

Sistematika penulisan berisi susunan atau urutan pembentuk karya tulis yang dipakai oleh penulis untuk menyusun karya tulisnya.

Contohnya adalah :

Sistematika penulisan karya tulis adalah :

BAB I PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah
B.     Rumusan Masalah
C.    Pembatasan Masalah
D.    Tujuan Penelitian
E.     Manfaat Penelitian
1.      Manfaat Teoritis
2.      Manfaat Praktis
F.     Sistematika Penulisan
BAB II LANDASAN TEORI

BAB III METODE PENELITIAN
A.    Tempat dan Waktu Penelitian
B.     Subyek Penelitian
C.    Instrumen Penelitian
D.    Prosedur Penelitian

BAB IV HASIL PENELITIAN

BAB V PENUTUP
A.    Kesimpulan
B.     Saran



BAB II LANDASAN TEORI

Dalam landasan teori harus diungkapkan mengenai teori-teori yang digunakan dalam peneltian yang berkaitan dengan judul, topik, masalah, dan tujuan penelitian, dengan catatan teori-teori yang digunakan, pengertian-pengertian, pedoman-pedoman yang dipakai harus disertakan sumber bukunya. Seperti, nama pengarang, tahun terbit buku, dan halaman diperoleh teori-teori tersebut.

Contohnya adalah :

Tujuan penelitian harus memenuhi tiga syarat, yaitu : sesuai dengan keilmuan, menggunakan metode yang tepat, dan memiliki manfaat ( Tim Edukatif, 2006: 191)

Catatan :
1.      Maksud teori diatas adalah syarat-syarat melakukan penelitian diatas diperoleh dari buku Kompeten Berbahasa Indonesia untuk Kelas XI  yang ditulis oleh Tim Edukatif pada tahun 2006 di halaman 191.
2.      Semua teori yang digunakan harus dituliskan semua dalam paragraf-paragraf yang tersusun secara padu mendukung sebuah penelitian.

BAB III METODE PENELITIAN

Berisi metode atau cara yang digunakan oleh penulis atau peneliti dalam melakukan penelitian, yaitu :
a.       Tempat dan Waktu Penelitian
b.      Subyek Penelitian
c.       Instrumen Penelitian
d.      Prosedur Penelitian.

Contohnya adalah :

A.    Tempat dan Waktu Penelitian
Penelitian dilaksanakan di tempat pariwisata taman Impian Jaya Ancol pada tanggal 12 April 2010.

B.     Subyek Penelitian
Subyek penelitian adalah pariwisata Taman Impian Jaya Ancol.

C.    Instrumen Penelitian
Instrumen penelitian adalah berupa prosentase peningkatan dan penurunan pengunjung wisatawan di Taman Impian jaya Ancol pada bulan Januari sampai Maret 2010.

D.    Prosedur Penelitian
Prosedur penelitian menggunakan langkah-langkah sebagai berikut :
1.      ………………………………………………………………….
2.      ………………………………………………………………….
3.      ………………………………………………………………….
4.      …………………………………………………………………..
5.      Dan seterusnya disesuaikan dengan langkah-langkah yang dilakukan siswa dalam melakukan penelitian.

BAB IV HASIL PENELITIAN

Bagian ini berisi tentang pembahasan masalah sesuai dengan tujuan penulisan. Dalam bagian inilah penulis mengemukakan pendapatnya berdasarkan temuan di lapangan ( tujuan pariwisata yang menjadi pilihan siswa). Pada dasarnya pada bagian ini adalah jawaban dari rumusan masalah yang sudah ditemukan atau dipecahkan berdasarkan data-data yang diperoleh dari penelitian dengan diperkuat oleh pernyataan, pendapat bahkan bukti-bukti yang diperoleh dari penelitian. Hasil penelitian disusun berdasarkan kerangka yang sudah dipersiapkan sebelumnnya oleh siswa dengan sumber data yang dapat dipertanggungjawabkan kebenaran datanya.

Artinya bahwa apabila rumusan masalah berjumlahkan 4 (empat) maka pada BAB IV haruslah memuat bahasan dengan point A, B, C, D dan seterusnya. Masing-masing point membahas urutan rumusan masalahnya. Sebagai contohnya adalah jawaban rumusan masalah no 1 hasil penelitiannya pada point A, jawaban rumusan masalah no 2 hasil penelitiannya pada point B, jawaban rumusan masalah no 3 hasil penelitiannya pada point C, dan jawaban rumusan masalah no 4 hasil penelitiannya pada point D. Tetapi masing-masing point diberikan judul yang tepat berdasarkan pembahasan yang dilakukan.

BAB V PENUTUP

Bagian ini berisi tentang kesimpulan dan saran yaitu :
A.    Kesimpulan
Kesimpulan yang ditulis berdasarkan atas bagian pembahasan masalah pada bab IV dengan dibuat tiap pointnya dapat A, B, C, D dan seterusnya atau 1, 2, 3, 4 dan seterusnya sesuai dengan kesimpulan yang akan dibuat siswa.
B.     Saran
Saran sifatnya boleh ada boleh tidak. Artinya jika dipandang perlu, saran dapat dikemukakan. Saran ditujukan kepada pihak yang terkait dengan penerapan hasil penelitian dengan dibuat tiap pointnya dapat A, B, C, D dan seterusnya atau 1, 2, 3, 4 dan seterusnya sesuai dengan saran yang akan dibuat siswa.

DAFTAR PUSTAKA

Cara penulisan pada halaman daftar pustaka adalah semua pengertian, teori, pendapat bahkan jiplakan kalimat yang dibuat dalam karya tulis haruslah ada atau dilampirkan pada daftar pustaka.

Apabila mengalami kesulitan dalam membuat atau cara menuliskan daftar pustaka, dapat meminjam atau foto kopi dari buku tata cara menulis daftar pustaka guru mata pelajaran Bahasa Indonesia. Contoh-contoh daftar pustaka dapat dilihat di buku-buku mata pelajaran halaman akhir.


Contohnya adalah :

Alwi, Hasan (ed.). 1998. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Maksudnya Urutan penulisan daftar pustaka diatas adalah :
Nama pengarang yaitu Hasan Alwi dibalik menjadi Alwi, Hasan (diberi tanda koma)
Kemudian . (tanda titik)
Kemudian spasi
Kemudian tahun terbit buku
Kemudian. (tanda titik)
Kemudian spasi
Kemudian judul buku yang digunakan atau diambil teorinya ( dicetak miring).
Kemudian . (tanda titik)
Kemudian spasi
Kemudian kota diterbitkannya buku
Kemudian : (tanda titik dua)
Kemudian spasi
Kemudian nama penerbit buku yang menerbitkan buku
Kemudian . (tanda titik)

LAMPIRAN

Sertakan lampiran-lampiran yang kamu peroleh dari tempat penelitian antara lain :
1.      Foto-foto.
2.      Surat-surat resmi.
3.      Dokumen penting.
4.      Surat ijin untuk melakukan penelitian (kalau ada).
5.      Dan lain-lain.


Mengetahui,                                                                             Sragen, 7 April 2010                                                                
Kepala Sekolah                                                                        Guru Mata Pelajaran


Mustofa, S.Pd.                                                                         Evriana Lestyarini, S.Pd.




 Mungkin ini dapat membatu kalian untuk mengerjakan KARYA TULIS

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar